Bela Beli Produk UMKM


Cintailah produk-produk dalam negeri, mungkin ini adalah gerakan usang yang hanya ada di lingkungan akademisi atau event-event pemerintah atau hanya sekedar headline iklan produsen besar yang tidak akan begitu menggoda kebanyakan kita. Dari dulu saya selalu berceloteh di banyak obrolan warung kopi, cinta kok dipaksa kalau bagus pasti akan cinta sendiri.. :)
Sampai ketika mulai menyadari banyak sekali produk merek luar negeri yang diproduksi di Indonesia, dan banyak sekali barang bajakan yang beredar dengan kwalitas bagus bahkan istimewah. Berarti memang bukan persoalan tidak bisa bikin barang bagus, tapi karena hal lain..

Melihat sudut lain, seseorang mengingatkan bahwa kita Indonesia punya keunggulan demografi, jumlah penduduk 250 juta itu market yang besar. Untuk apa melirik yang lain, ditambah banyak kenyataan perusaan IT besar dan berkembang karena market Indonesia. Dan tidak bisa hidup lebih lama karena tidak bisa memahami pola orang Indonesia.. :)

Jadi bela beli kulonprogo yang digerakkan kepala daerahnya bukan ide yang sederhana secara pencapaian yang bisa diraih. Jika kita mendukung dengan membeli produk-prduk UMKM lokal kita membantu mereka berkembang, satu dua produk bisa sangat berasa apalagi gerakan kita lakukan bersama. Kita Indonesia menang bangkit dengan cara membatu saudara sendiri, memenuhi kebutuhan sendiri dengan membeli dari produsen lokal.
250 juta... wow!!

No comments: