Mengapa BMC itu Penting Dibuat


Business Model Canvas menjadi pilihan sederhana dan efisien dalam mendeskripsikan sebuah model bisnis. Sangat baik menggunakan BMC sebagai perancangan awal sebuah ide bisnis. Menjadi tolak ukur yang baik untuk mengisi setiap bagian yang merupakan pertanyaan pertanyaan penting sehingga benar benar terukur apakah ide bisnis tersebut punya potensi dan realistis untuk dikerjakan.

Berikutnya BMC bisa menjadi pengangan buat kita saat menjalankan bisnis. Sebagai acuan akan setiap strategi yang diambil, terutama pada Value Proposition dan Market Segment yang banyak mempengaruhi dalam strategi marketing. Banyak sekali yang bicara strategi dimana tidak paham siapa target market bahkan belum medefinisikan apa yang menjadi penawaran dari produk atau jasanya. Semacam orang yang lagi sibuk memilih kendaraan dan memilih jalur paling tepat sementara tidak tahu punya uang saku berapa dan tujuannya kemana.

Tulisan ini hanya bercerita masalah yang umum terjadi dan sering ditemui saja. Untuk paduan mengisi BMC Anda bisa googling.. ^_^

No comments: