Apa Pentingnya Test Pasar


Test pasar dilakukan untuk memastikan bagaimana sebuah produk bisa diterima oleh pasar. Banyak cara dilakukan seperti survey langsung ke target pasar. Dalam test pasar akan banyak data bisa dianalisa, apakah produk sudah layak diluncurkan atau bahkan bisa menghasilkan data pasar yang di luar dugaan yang mungkin bisa menghasilkan strategi baru dalam bisnis.
Hal yang paling mendasari sebuah test pasar dilakukan adalah bahwa saat merancang bisnis model dan produk yang kita lakukan adalah asumsi atau dugaan berdasar data awal dan pengetahuan yang kita punya. Nah seberapa jauh asumsi kita benar bisa diukur dengan test pasar untuk meminimal resiko jika produk langsung kita luncurkan, dengan kata lain untuk membuat strategi lebih matang.

Bagi pebisnis start-up dengan modal kecil test pasar selalu menjadi bentuk kegiatan yang akan dihindari karena jelas memakan banyak biaya dan waktu. Ini menjadi banyak masalah UKM yang menghindari banyak hal yang sebenarnya sangat krusial dalam pengembangan bisnisnya.

Banyak konsep atau kaida-kaida bisnis yang benar, bisa diaplikasikan dalam metode yang lain menyesuaikan dengan kondisi UKM. Meski tidak melakukan test pasar, UKM yang sudah meluncurkan produk bisa cukup konsentrasi dengan data penjualan, prilaku konsumen yang melakukan order atau sebab kenapa tidak, dan banyak data lain yang bisa dilakukan analisa seiring penjualan di awal-awal bisnis. Ini sudah merupakan test pasar, karena meski cara berbeda tujuannya sama. Meski secara konsep tidak bisa disamakan, kondisi UKM pemula biasanya produksi produk tidak terlalu banyak sehingga metode tersebut bisa menjadi realistis untuk dilaksanakan.

No comments: